Berlibur bersama keluarga sering kali dapat menjadi salah satu bentuk quality time yang sangat berharga. Apalagi jika Anda sehari – hari disibukkan dengan pekerjaan. Namun, bagi Anda yang di Jakarta dan kesulitan untuk menyesuaikan jadwal untuk liburan jauh ke luar kota, Anda dapat memilih untuk datang ke tempat wisata Jakarta murah meriah. Selain gedung – gedung tinggi nan modern, Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata menarik yang dapat menjadi pilihan rekreasi untuk Anda dan keluarga. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Jakarta yang tak hanya cocok untuk liburan keluarga, namun juga murah meriah, antara lain :

Kebun Binatang Ragunan

Bagi Anda yang bosan jalan – jalan ke mall, di Jakarta Anda dapat pula memilih untuk mengunjungi kebun binatang, lho. Ada kebun binatang Ragunan yang merupakan salah satu tempat wisata Jakarta murah meriah namun juga seru untuk dinikmati. Di kebun binatang ini, ada sekitar 2000 lebih jenis satwa yang mungkin sebelumnya belum banyak Anda ketahui. Bila Anda membawa serta anak – anak saat berkunjung ke sini, tentu Anda juga dapat sekaligus menunjukkan nama – nama hewan yang ada dan dapat dilihat secara langsung. Untuk bisa masuk dan menikmati jalan – jalan tanpa kepanasan di area kebun binatang, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk sebesar 4 ribu rupiah saja. Terjangkau, kan? Jadi bagi Anda yang datang bersama rombongan tak perlu takut menghabiskan uang di sini.

Museum Fatahillah

Museum dapat menjadi tempat rekreasi menarik yang sekaligus dapat menjadi wisata edukasi bagi anak – anak. Museum Fatahillah ini dapat menjadi pilihan tempat wisata untuk Anda dan keluarga, apalagi bila Anda dan keluarga menyukai wisata edukasi mengenai sejarah. Di dalam museum yang berada di kawasan kota Tua Jakarta ini, Anda dapat menemukan beberapa peninggalan dari zaman penjajahan Belanda yang masih disimpan dengan baik hingga kini. Hal menarik lainnya dari museum ini adalah gedung yang kini dikenal sebagai Museum Fatahillah ini dulunya pernah digunakan sebagai markas VOC di zaman pendudukan Belanda. Untuk biayanya, bila Anda ingin masuk ke sini, Anda dan keluarga hanya dikenakan biaya masuk sekitar 5 ribu rupiah saja per orang.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan masyarakat yang ada di kota Jakarta dan dapat menjadi tujuan wisata bila Anda menghendaki tempat wisata Jakarta murah meriah untuk rekomendasi tempat liburan keluarga. Tempat ini merupakan wisata edukasi menarik yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Di tempat ini, Anda dapat mengetahui dan mengenal berbagai ciri khas dan kebudayaan yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga memiliki miniatur pulau – pulau di Indonesia yang dapat Anda temukan di salah satu sisi danau yang ada di sini. Selain itu, TMII juga memiliki berbagai pilihan wahana bermain yang membuat Anda dan keluarga semakin betah berada di sini. Bagi Anda yang tak punya banyak waktu liburan pun tak perlu kesulitan menemukan jadwal yang tepat untuk berkunjung karena TMII dibuka setiap hari, sehingga Anda dapat melakukan kunjungan kapan saja Anda memiliki waktu luang.

Monumen Nasional

Monumen Nasional menjadi salah satu tempat wisata murah yang sering menjadi pilihan utama bagi banyak orang yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Monumen kebanggaan masyarakat Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan Monas ini merupakan monumen tertinggi di Indonesia, lho. Bagi Anda yang belum tahu, puncak monas yang menyerupai kobaran api ini dilapisi dengan emas. Untuk berkunjung ke Monas, Anda tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam karena Anda hanya perlu membayar 5 ribu rupiah untuk tiket masuknya, dan biaya tambahan sekitar 10 ribu rupiah bila Anda ingin menikmati pemandangan dari puncak monas. Monumen Nasional ini dibuka dan dapat dikunjungi oleh umum mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore setiap harinya.

Planetarium Taman Ismail Marzuki

Bila Anda berlibur dengan mengajak pula anak – anak, planetarium taman Ismail Marzuki dapat menjadi wisata edukasi yang menyenangkan. Di sini, anak – anak tentu akan mendapatkan pengalaman berbeda saat berada di planetarium ini. selain desain tempatnya yang dibuat mirip kubah setengah bola, di dalamnya Anda dapat melihat juga planet – planet dan bintang yang ada di alam semesta. Untuk dapat masuk ke tempat wisata Jakarta murah meriah ini, Anda akan dikenakan tiket masuk tak lebih dari 10 ribu untuk orang dewasa, dan setengah harga untuk anak – anak. cukup terjangkau, bukan?

Kota Tua Jakarta

Di tengah – tengah hiruk pikuk dan sibuknya ibukota, Jakarta masih menyimpan tempat wisata yang kental dengan kenangan di masa lalu. Bagi Anda yang tertarik, Anda dapat mengajak keluarga dan anak – anak untuk datang ke wisata Kota Tua Jakarta yang ada di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Salah satu hal yang menjadi daya tarik di kota tua ini adalah gaya arsitektur bangunannya yang masih mempertahankan arsitektur khas pada zaman kolonial. Di sini, ada berbagai kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan, mulai dari sekedar jalan – jalan dan berfoto, menyewa sepeda untuk berkeliling di sekitar kawasan kota tua, menikmati street art, hingga mampir mengunjungi beberapa museum yang letaknya berada tak jauh dari kota Tua.

Taman Situ Lembang

Jakarta juga masih memiliki beberapa taman kota selain Taman Suropati dengan pemandangan yang tak kalah indah. Bila taman Suropati terlalu ramai bagi Anda, Anda dapat mengalihkan tujuan Anda pada taman Situ Lembang yang berada di kawasan Menteng. Taman Situ Lembang memiliki ruang terbuka hijau yang tak kalah asri, ditambah dengan beberapa danau buatan yang ada di dalamnya, semakin menambah kesan segar di tengah panasnya cuaca ibukota. Tak hanya itu, di taman ini terdapat beberapa spot tempat istirahat atau duduk santai, sehingga memungkinkan Anda untuk beristirahat sejenak sambil menikmati bekal makanan / jajanan yang Anda bawa dari rumah.

Taman Suropati

Ingin mencari tempat terbuka hijau untuk tempat wisata bersama keluarga? Anda dapat datang ke taman Suropati, yang merupakan salah satu taman kota yang sedang hits di Jakarta. Taman ini sebenarnya tak memiliki ukuran yang terlalu luas, namun taman ini memiliki beberapa spot menarik untuk berfoto ria. Bagi Anda yang lelah berjalan – jalan, di area taman juga banyak disediakan tempat duduk untuk melepas lelah atau sekedar mengobrol santai dengan teman dan keluarga. Untuk biayanya, Anda tak perlu khawatir karena taman Suropati dapat Anda nikmati tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Museum Tengah Kebun

Museum Tengah Kebun dapat menjadi salah satu referensi tempat wisata Jakarta murah meriah yang tak membosankan. Jauh dari kesan kaku dan membosankan, museum ini hadir dengan atmosfer yang lebih segar dan kekinian. Selain keunikan dari barang – barang yang dipamerkan, museum ini sangat menarik karena letaknya berada di tengah area kebun yang juga terawat dengan baik. Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda harus melakukan booking tempat terlebih dahulu, dan jumlah pengunjung pun harus berkelompok, yaitu sekitar 7 hingga 12 orang anggota. Meski harus melakukan pemesanan terlebih dahulu, untuk dapat menikmati serunya museum Tengah Kebun ini Anda tak perlu mengeluarkan biaya masuk kok.

Wisata Angke Kapuk

Wisata Angke Kapuk bisa jadi menjadi salah satu wisata Jakarta yang belum banyak diketahui. Tempat wisata ini memang merupakan salah satu wisata baru dengan nuansa alam yang cukup kental. Daya tarik utama dari wisata Angke Kapuk ini ada pada pemandangan pohon bakau yang tumbuh subur di sekitarnya. Tempat ini bisa menjadi salah satu referensi wisata Jakarta bagi Anda yang bosan dengan keramaian dan hiruk pikuknya ibukota. Selain pemandangan pohon bakau, Anda dapat juga berfoto di sepanjang jembatan kayu yang memiliki tata letak dan desain bangunan tak kalah indah.

Setu Babakan

Bila Anda mencari tempat wisata Jakarta murah meriah dengan suasana khas kampung Betawi, Anda dapat datang ke Setu Babakan. Setu Babakan ini merupakan sebuah perkampungan Betawi yang ada di Srengseng Sawah Jakarta Selatan. Selain dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk membuat kerajinan tangan atau bahkan mencicipi jajanan khas Betawi yang banyak dijual di area setu, Anda pun dapat menikmati area setu dengan menaiki perahu kayuh yang banyak disewakan oleh penduduk setempat. Untuk menyewa perahu kayuh ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 10 ribu rupiah saja. berkunjung ke Setu Babakan dapat menjadi wisata murah namun tetap menyenangkan yang cocok untuk melepas lelah dan melupakan kesibukan sejenak.

Pasar Barang Antik Cikini

Bosan dengan wisata Jakarta yang itu – itu saja? Anda dapat datang ke pasar barang antik Cikini. Tempat ini dapat menjadi surga bagi Anda yang suka berburu barang – barang vintage atau jadul. Letak lokasi pasar ini berada di Jalan Surabaya, Cikini. Di sini terdapat banyak barang antik yang dijual, mulai jari jam, lampu – lampu antik, hingga telepon jadul yang dapat Anda miliki untuk koleksi di rumah Anda. Agar tak mendapatkan harga terlalu mahal, tentu kemampuan tawar menawar Anda sangat diperlukan pada saat melakukan transaksi jual beli di pasar ini. bagi Anda yang tak berniat untuk berburu barang antik, pasar barang antik Cikini dapat menjadi tempat jalan – jalan yang seru sekaligus instagramable, lho.

Pecinan Glodok

Di kota – kota besar, tentu Anda akan sering menemukan tempat berupa china town atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pecinan. Nah, di Jakarta pun Anda dapat menikmati suasana Pecinan ini di area Glodok, tak jauh dari kawasan Kota Tua. Di area Pecinan ini, selain dapat menikmati keindahan ornamen dan arsitektur khas China dengan dominasi warna merah. di sini, Anda juga dapat berwisata budaya dengan mengunjungi dan masuk ke area klenteng atau vihara yang ada di kawasan ini.

Jadi, tempat wisata Jakarta murah meriah mana yang akan Anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan ini?

sale container, container trade, jual container, sewa container, container bekas, container cafe, jual container bekas, container office, container kantor, jual box container, kitchen container, dapur container, gudang container|

 

Kesimpulan :

Tempat Wisata Murah Meriah Mana Saja di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan Keluarga ?

1. Kebun Binatang Ragunan

2. Museum Fatahillah

3. Taman Mini Indonesia Indah

4. Monumen Nasional

5. Planetarium Taman Ismail Marzuki

6. Kota Tua Jakarta

7. Taman Situ Lembang

8. Taman Suropati

9. Museum Tengah Kebun

10. Wisata Angke Kapuk

11. Setu Babakan

12. Pasar Barang Antik Cikini

13. Pecinan Glodok

Mana saja tempat wisata murah meriah yang edukatif ?

1. Kebun Binatang Ragunan

2. Museum Fatahillah

3. Taman Mini Indonesia Indah

4. Monumen Nasional

5. Planetarium Taman Ismail Marzuki

6. Museum Tengah Kebun

Dimana saja tempat wisata murah meriah yang dekat Stasiun ?

1. Monas (Stasiun Gambir)
2. Kota Tua (Stasiun Jakarta Kota)
3. Taman Situ Lembang (Stasiun cikini)
4. Pasar Barang Antik (Stasiun Cikini)

Tags: