Siapa yang tidak kenal dengan Bali, pulau yang satu ini, memang memiliki berjuta pesona. Tidak hanya itu, daerah yang satu ini juga terkenal akan berbagai spot wisata yang juga tidak kalah menarik. Mulai dari kawasan pantai seperti Kuta, hingga kawasan pegunungan seperti Kintamani. Anda mungkin pernah mendengar kata Kintamani. Tempat wisata Kintamani Bali juga terbilang cukup banyak, dan mempunyai ciri khas, dibandingkan daerah lainnya di Bali, terutama masalah udaranya yang dingin ketimbang kawasan pantai. Karena kawasan yang satu ini berada di dataran tinggi.   

Mengenal Kintamani 

Seperti yang telah dijelaskan selintas di atas, kawasan Kintamani ini, berada di dataran tinggi, tepatnya di Kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli, Bali. Apabila Anda saat ini berada di kota Denpasar, maka untuk sampai ke kawasan yang satu ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan, atau sekitar 80 km.    

Tempat wisata Kintamani Bali ini sendiri adanya di bagian timur laut Bali, dan berada di bawah kaldera Gunung Batur, yang terbilang salah satu gunung berapi yang masih aktif di Bali. Di kawasan ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan danau alami yang cukup indah, bernama danau Batur.  

Kabupaten Bangli, membawahi beberapa desa, yang masing-masing mempunyai beberapa destinasi wisata menarik, antara lain desa Penelokan, desa Songan, desa Abung, desa Toya Bungkah, Desa Kedisan, desa Batur, dan juga desa Kintamani. Di Antara desa-desa yang ada, setidaknya ada 3 desa yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan, karena adanya pemandangan gunung Batur dan juga danau Batur. Desa yang dimaksud adalah desa Penelokan, desa Kintamani dan juga desa Batur. Sedangkan di desa Toya Bungkah, para wisatawan dapat menikmati panorama yang indah dan juga berendam di kolam air panas.    

Selain objek wisata alam, ada juga objek wisata pura yang dapat Anda kunjungi di kawasan tersebut. Pura yang dimaksud adalah pura Ulun Danu Batur.  

Objek wisata di Kintamani 

Lalu tempat wisata Kintamani Bali mana saja, yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Kintamani. Berikut ini adalah beberapa objek wisata menarik yang dimaksud :  

1. Objek wisata desa Penelokan Kintamani 

Lokasinya berada di Jalan raya Penelokan, atau di sebelah selatan desa Batur Tengah, kec Kintamani. Berada di ketinggian sekitar 1500 mdpl, Anda akan menikmati pemandangan alam gunung Batur lengkap dengan danau Baturnya, sambil menikmati hidangan kuliner yang nikmat. Ada cukup banyak restoran di sekitar kawasan tersebut, menu yang ditawarkan juga cukup bervariasi, demikian pula dengan harga yang ditawarkan.  

Untuk masalah penginapan, tidak perlu khawatir. Karena di desa tersebut, memiliki beberapa penginapan yang pas untuk para wisatawan, termasuk wisatawan yang ingin melakukan honeymoon atau bulan madu.    

  1. Danau Batur  

Lokasinya berada di lereng gunung Batur, di desa Penelokan Utara, kec Kintamani, kab Bangli. Daya Tarik objek wisata tersebut, terletak pada legenda dan sejarah dari danau itu sendiri. Selain itu, pemandangan danau ini, tidak kalah eksotis. Terutama dilihat dari ketinggian, Anda akan melihat danau ini seperti bulan sabit. Itu sebabnya banyak wisatawan yang meyakini, bahwa ini adalah kaldera terindah yang ada di dunia.  

2. Gunung Batur 

Gunung Batur sendiri berada di desa Peneloka Utara, kec Kintamani, kab Bangli, Bali. Seperti yang selintas dijelaskan di atas, gunung yang satu ini, termasuk salah satu gunung aktif yang ada di Bali, setelah gunung Agung. Jika dilihat secara seksama, Anda akan melihat banyaknya bebatuan hitam pekat, yang tidak lain adalah sisa hasil muntahan gunung api.  

Walaupun gunung yang satu ini terbilang masih aktif, namun gunung yang satu ini dikenal sebagai salah satu lokasi pendakian favorit bagi para pecinta alam, yang ingin menikmati keindahan alam dari atas gunung. Sebagai catatan, ketika Anda ingin melakukan pendakian, maka Anda harus mendaftarkan diri di pos Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur. 

3. Pemandian Air Panas Toya Bungkah  

Puas menikmati gunung Batur dan juga danaunya, kali ini, Anda dapat menikmati tempat wisata Kintamani Bali lainnya yang bernama pemandian air panas Toya Bungkah atau Toya Bungkah National Hot Spring. Diberi nama demikian, karena lokasi dari pemandian air panas ini, ada di desa Bungkah.   

Seperti namanya, di lokasi ini, Anda akan menemukan kolam pemandian air panas, yang diyakini, mempunyai khasiat khusus untuk tubuh. Air panas ini, dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit, dan mampu menyegarkan sekaligus meremajakan kulit tubuh.  

Air panas ini sendiri, berasal dari gunung Batur, dengan panas sekitar 500C, di lokasi pinggir danau Batur. Di kolam pemandian ini sendiri terdiri atas 4 buah kolam, antara lain : 

  • Kolam pemandian khusus untuk anak-anak.  
  • Kolam pemandian Therapy hot spring water Toya Bungkah.  
  • Kolam floating sunburn Batur Natural Hot Spring.  
  • Kolam renang Toya Bungkah.  

Tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang ada di kawasan wisata yang satu ini, restoran, pool bar, loker, ruang ganti yang nyaman, toilet, dan yang lainnya, semua tersedia lengkap.  

4. Pura Ulun Danu Batur 

Pura Ulun Danu Batur ini sendiri berlokasi di Jl. Kintamani, Batur Selatan, Kintamani. Yang menarik adalah pura yang satu ini, termasuk salah satu pura Kahyangan Jagat. Beberapa pura lain di Bali yang juga termasuk ke dalam pura jenis ini antara lain pura luhur Uluwatu, pura Tanah Lot, Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, dan juga Pura taman Saraswati Ubud. Ini adalah salah satu dari 9 pura yang sangat dihormati dengan 285 kuil dan pavilion, yang secara khusus dipersembahkan untuk para dewa dan juga dewi.  

5. Desa Trunyan  

Anda tentu mengenal desa Trunyan ! Desa yang terletak di kec Kintamani, kab Bangli ini, terkenal sebagai desa yang masih tetap menjaga kelestarian adat dan budayanya uniknya. Dimana orang yang sudah mati atau mayat bukan dibakar (ngaben) atau dikubur. Melainkan dibaringkan begitu saja di atas tanah. Tepatnya di bawah pohon Taru Menyan yang usianya sudah ribuan tahun. Mayat yang diletakkan tersebut, akan ditutupi dengan ancak saji dari bambu dan dedaunan yang disusun sedemikian rupa. Walaupun ada cukup banyak mayat yang diletakkan, namun uniknya tidak mengeluarkan aroma busuk, seperti aroma mayat para umumnya. Hal ini disebabkan pohon yang digunakan, akan menetralisir aroma busuk tersebut. Walaupun demikian, tidak semua mayat, dapat diletakkan di pemakanan tersebut. Ada beberapa hal penting, yang melatar belakangi seseorang yang sudah meninggal, untuk dapat dikebumikan di lokasi tersebut.  

7. Matahari terbit di desa Pinggan 

Jika Anda biasanya menyaksikan matahari terbit di tepi pantai, maka kali ini coba menikmati matahari terbit di desa Pinggan. Bayangkan saja, menikmati indahnya matahari terbit, dengan latar belakang 3 gunung cantik, yaitu gunung Agung, gunung Abang, dan juga gunung Batur, lengkap dengan kabut yang ada, pastinya menjadi sebuah pemandangan yang luar biasa mempesona. Untuk memperoleh panorama terbaik, sebaiknya kunjung desa ini, bukan pada musim penghujan. Anda sebaiknya mengunjungi kawasan ini pada bulan September hingga November.  

8. Pura Puncak Penulisan  

Pura yang satu ini terletak di Jl. Kintamani, Sukawana, Kintamani. Ini adalah pura tertua yang ada di Bali. Menjadi tempat peribadatan agama Hindu, sejak zaman megalitikum. Keberadaan pura ini sendiri menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama wisatawan yang menyukai wisata sejarah. Ini adalah pura yang digunakan, oleh warga Bali Aga atau warga Bali asli. Di pelataran pura, Anda akan melihat beberapa benda peninggalan sejarah sejak zaman Megalitikum. Udara di kawasan ini sangat sejuk, dan pastinya mempunyai pemandangan alam yang sangat cantik.  

9. Agrowisata desa Catur 

Seperti desa yang berada di ketinggian lainnya. Desa yang satu ini juga memiliki kawasan agrowisata yang harus Anda kunjungi. Beberapa hasil pertanian dan perkebunan yang ada, membuat hasil yang tanaman dan buah-buahan yang dihasilkan sangat nikmat dan segar. Beberapa perkebunan dan hasil pertanian yang akan Anda temukan di sini antara lain jeruk, kopi, dan beberapa tanaman lainnya.     

Menjelajahi Kintamani 

Pastinya sangat menyenangkan jika bisa menjelajahi tempat wisata Kintamani Bali yang telah disebutkan di atas. Untuk memfasilitasinya, Anda tidak perlu bingung, yang harus Anda lakukan hanyalah menghubungi Sandholiday, guna memperoleh alat transportasi yang tepat.  

Sandholiday sendiri adalah sebuah perusahaan, yang bergerak di bidang transportasi wisata. Kantor utama perusahaan ini ada di Jakarta, namun juga mempunyai kantor cabang di Bali. Seperti umumnya perusahaan jasa sewa transportasi wisata, maka penyedia jasa yang satu ini mempunyai beberapa jenis armada wisata nyaman yang dapat digunakan oleh para wisatawan ketika berlibur. Jenis armada yang dimaksud antara lain, big bus, medium bus, Toyota Hiace, dan yang terakhir adalah Isuzu elf.  

Masing-masing armada sudah sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang pastinya membuat para wisatawan merasa nyaman, seperti ruang kabin yang sangat nyaman, ber-AC, adanya fasilitas hiburan (seperti audio, TV, DVD, dan yang lainnya), ruang bagasi yang nyaman, dan hal-hal lainnya.  

Adapun cara untuk menyewa salah satu jenis kendaran, yang dimiliki oleh perusahaan yang satu ini juga sangat mudah, yaitu : 

  • Plan  

Hal pertama yang akan Anda lakukan adalah, menghubungi pihak marketing Sandholiday, untuk berkonsultasi tentang rencana liburan. Seperti objek wisata yang akan dikunjungi, hotel yang akan ditinggali, armada yang akan digunakan, serta hal lainya. Disini, pihak marketing Sandholiday juga akan mengemukakan estimasi biaya yang harus Anda keluarkan untuk liburan kali ini.  

  • Book  

Jika estimasi biaya dan hal-hal lainnya telah disetujui. Maka langkah berikutnya adalah Anda akan kemBali menghubungi pihak marketing dari Sandholiday, guna melakukan pemesanan atau booking. Pihak marketing akan kemBali membantu Anda dalam memesan beberapa hal yang telah direncanakan di awal. Disini, Anda juga perlu melakukan pembayaran sesuai dengan perjanjian awal.  

  • Execute    

Setelah semua urusan selesai dilakukan dan diselesaikan dengan baik, maka para hari yang ditunggu, Anda dapat berlibur dengan santai. Nikmati perjalanan yang telah dipesan sebelumnya, dan dapatkan pengalaman menarik dan pelayanan yang maksimal selama kegiatan liburan tersebut berlangsung.  

 

 

Informasi ini diproduksi oleh Info Lengkap Jasa SEO Terbaik, Harga Jasa SEO Profesional

Kesimpulan

Apa Saja Objek Wisata yang ada di Kintamani ?

1. Objek wisata desa Penelokan Kintamani

2. Gunung Batur

3. Pemandian Air Panas Toya Bungkah

4. Pura Ulun Danu Batur

5. Desa Trunyan

6. Matahari terbit di desa Pinggan

7. Pura Puncak Penulisan

8. Agrowisata desa Catur

9. Danau Batur

Dimana lokasi Kintamani ?

Kawasan Kintamani ini, berada di dataran tinggi, tepatnya di Kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli, Bali. Apabila Anda saat ini berada di kota Denpasar, maka untuk sampai ke kawasan yang satu ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan, atau sekitar 80 km.

Apa itu Pura Puncak Penulisan ?

Pura yang satu ini terletak di Jl. Kintamani, Sukawana, Kintamani. Ini adalah pura tertua yang ada di Bali. Menjadi tempat peribadatan agama Hindu, sejak zaman megalitikum. Keberadaan pura ini sendiri menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama wisatawan yang menyukai wisata sejarah. Ini adalah pura yang digunakan, oleh warga Bali Aga atau warga Bali asli. Di pelataran pura, Anda akan melihat beberapa benda peninggalan sejarah sejak zaman Megalitikum. Udara di kawasan ini sangat sejuk, dan pastinya mempunyai pemandangan alam yang sangat cantik.

Tags: