Ada banyak taman menarik yang bisa dikunjungi di Bali, salah satu taman terbaik untuk berwisata bersama keluarga tersebut adalah Bali Bird Park. Taman burung Bali ini merupakan taman burung yang sangat menarik karena banyaknya koleksi burung yang dimilikinya dan juga banyaknya ragam fasilitas yang dimilikinya. Seberapa baik taman burung ini mari kita simak ulasannya berikut ini.

Photo by natasha ong on Unsplash

Photo by natasha ong on Unsplash

Informasi umum Bali Bird Park

Untuk anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai taman burung Bali ini kami akan memulainya dengan informasi umum untuk taman ini. Taman burung Bali adalah sebuah taman yang digunakan sebagai tempat wisata sekaligus tempat yang digunakan untuk menangkar burung-burung dari seluruh dunia dengan berbagai jenis. Penangkaran ini bahkan juga memberikan ruang pada burung-burung yang sudah terancam punah sehingga dapat kembali lestari.

Taman burung Bali adalah taman yang dibangun pada era Presiden Soeharto, tepatnya pada bulan Oktober di tahun 1995. Taman dengan luas 2 hektar ini kini tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk wisata dan penangkaran tapi juga digunakan untuk memberikan pendidikan pada masyarakat pengunjungnya mengenai hewan ada burung yang kelestariannya. Oleh karena itu jika anda ingin memberikan pendidikan atau mendekatkan anak anda dengan hewan liar, maka Bali Bird Park bisa menjadi tempat paling pas untuk melakukannya.

Koleksi binatang Bali Bird Park

Seperti yang disebutkan sebelumnya, taman burung Bali merupakan taman burung yang memiliki banyak koleksi binatang unggas. Hingga saat ini ada sekitar 1000 satwa unggas yang bisa anda temukan di Bali Bird Park ini. 1000 satwa yang ditemukan di tempat ini berasal dari 250 jenis unggas yang berbeda. Jadi jika anda berhasil mengelilingi taman burung Bali ini anda sudah melihat sebanyak 250 jenis burung yang ada di seluruh dunia. Cukup menarik bukan?

Di antara burung-burung yang ada di taman burung Bali ini ada banyak jenis burung koleksi yang divonis mengalami kondisi komunitas kritis atau merupakan burung yang langka. Burung langka yang ada di dalam taman burung Bali ini bukan hanya merupakan burung yang berasal dari Bali dan Indonesia saja tapi juga dari berbagai negara dan daerah di seluruh dunia. Beberapa burung langka yang bisa anda temukan di taman burung Bali ini antara lain adalah :

  • Burung khas Bali, Jalak Bali.
  • Burung khas Papua, Cendrawasih
  • Burung Elang
  • Burung Rajawali
  • Burung Beo
  • Burung Makaw, Amerika Serikat
  • Burung Toucan, Amerika Serikat
  • Dan burung lain yang berasal dari Afrika.

Photo by Benny Kirubakaran on Unsplash

Photo by Benny Kirubakaran on Unsplash

Daya tarik Bali Bird Park

Untuk jenis hewannya yang sangat banyak tentu sudah membuat anda penasaran untuk bisa datang kesana bukan? Akan tetapi selain memiliki banyak koleksi hewan, ada hal yang tidak kalah menarik lagi dari taman burung Bali ini. Daya tarik lain yang dimiliki oleh taman burung Bali ini adalah mengenai penataan tamannya.

Penataan taman di taman burung Bali ini dibuat menyerupai tempat hidup dari burung-burung yang tinggal di sana. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan kesan yang alami bagi burung dan membuat burung tidak merasa stres karena tinggal di dalam sangkar. Selain itu, hal ini juga dilakukan oleh pengelola Bali Bird Park untuk memberikan kenyamanan dan edukasi bagi pengunjung. Pasalnya hiasan taman burung Bali ini tidak hanya ada di dalam sangkar tapi juga pada tamannya sendiri. Anda bisa menemukan banyak tumbuhan khas, rumah adat has dan juga area-area yang akan memberikan kesan sesuai dengan daerah asal dari burung koleksi dari taman burung Bali ini.

Selain itu, taman burung Bali ini juga memiliki sangat banyak koleksi tanaman. Saat ini di Bali Bird Park anda bisa menemukan lebih dari 2000 jenis tanaman tropis yang menghiasi taman burung ini. Di antara 2000 jenis tanaman ini da 50 jenis tanaman palem yang bisa anda temukan di sana. Oh ya, untuk anda penggemar kupu-kupu, di taman burung Bali ini anda juga bisa melihat keindahan sayap dari serangga dengan metamorfosis sempurna ini.

Bali Bird Park Sandholiday
Bali Bird Park Sandholiday

Lokasi dari Bali Bird Park

Bagaimana? Apakah informasi kami sudah cukup untuk membuat anda penasaran dan ingin datang ke taman burung Bali ini? Jika anda ingin mengetahui seberapa indah taman Bali Bird Park dan seberapa banyak pelajaran yang bisa anda dapatkan dari taman burung Bali ini anda bisa segera datang ke lokasi dari taman burung Bali ini. Taman burung Bali ini berlokasi di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali.

Untuk mengunjunginya, anda bisa datang ke taman burung Bali ini dari hari Senin hingga hari Minggu mulai pukul 9 pagi hingga jam 5.30 sore. Untuk anda yang ingin berkunjung kesan anda bisa melakukan perjalanan dari Kuta. Jarak dari taman burung Bali ini ke pantai Kuta memang tidak begitu dekat. Anda akan memerlukan waktu perjalanan selama 1 jam lebih 10 menit jika kondisi perjalanan lancar. Karena perjalanannya cukup jauh, maka disarankan anda mulai berangkat ke Bali Bird Park pada pagi hari.

Selain dari pantai Kuta, anda juga bisa mengunjungi taman burung Bali ini dari tempat wisata lainnya. Seperti Batubulan, pasar seni Sukowati, Guwang, Ubud Kintamani atau dari pantai Sanur. Tempat-tempat ini merupakan beberapa tempat wisata yang lokasinya cukup berdekatan dengan Bali Bird Park

 

Harga Tiket Masuk taman wisata burung Bali

Lalu bagaimana dengan harga masuk ke taman wisata burung Bali ini? Untuk harga masuknya berkisar antara Rp 75.000 untuk anak-anak dan juga Rp 140.000 untuk orang dewasa. Masih cukup terjangkau bukan? Tapi meski harga masuk dari taman wisata burung Bali ini cukup terjangkau ada banyak hal menarik dan bermanfaat yang bisa anda dapatkan di taman wisata burung Bali ini. Jadi jangan ragu untuk mengunjunginya.

 

Wahana wisata di taman wisata burung Bali

Dengan mengeluarkan uang sesuai dengan harga tiket yang disebutkan di atas, anda bisa melakukan banyak kegiatan di taman wisata burung Bali ini. Apa saja kegiatan yang bisa anda lakukan? Berikut ini adalah ulasannya.

  • Wahana Rainforest

Wahana ini merupakan salah satu wahana yang menarik. Wahana ini memiliki tema petualangan yang akan membuat anda merasa kagum dengan aksinya. Dalam wahana ini anda akan melihat atraksi mengenai burung-burung yang dilatih untuk terbang dengan indahnya di dalam ruang tertutup.

  • Wahana Basic instinct

Sesuai namanya, wahana ini adalah salah satu wahana yang digunakan untuk mempertontonkan kemampuan dari burung dalam menggunakan insting berburu yang dimilikinya. Dalam wahana ini anda akan melihat kehebatan burung-burung karnivora seperti Burung hantu, burung elang dan juga burung falcon yang melayang di langit Bali Bird Park dan menyambar mangsanya.

  • Wahana Guyu-guyu Corner

Wahana ini adalah salah satu wahana yang memiliki banyak daya tarik. Hal ini disebabkan pada wahana ini anda bisa mendapatkan kesempatan untuk bersentuhan dengan burung yang ada di dalam wahana ini. Selain menyentuh, berfoto dengan burung di dalam wahana ini juga sangat diperbolehkan. Sangat asyik bukan?

  • Memberi makan burung

Pada wahana ini anda bisa mendapatkan kesempatan untuk memberikan makan pada burung-burung dalam wahana Bali Bird Park ini.

  • The Komodo Experience

Untuk anda yang ingin melihat spesies naga yang terakhir di dunia, maka anda bisa datang ke wahana The Komodo Experience. Di wahana ini anda akan bertemu dengan hewan-hewan reptil seperti komodo, ular piton, dan juga kadal lainnya.

  • Bioskop empat dimensi

Merupakan wahana terakhir yang akan kami sebutkan. Di sini anda akan mendapatkan kesempatan untuk menonton film dengan efek 4 dimensi yang membuatnya menjadi sangat menegangkan.

 

Fasilitas di dalam taman wisata burung Bali

Untuk anda yang bertanya mengenai fasilitas yang dimiliki oleh taman wisata burung Bali ini ada beberapa jenis fasilitas yang mungkin akan menarik bagi anda. Selain memiliki fasilitas yang umum seperti restoran, cafe dan juga toko yang menjual oleh-oleh yang berhubungan dengan hewan burung ini ada juga beberapa jenis fasilitas lain yang mungkin akan membuat anda terkesan. Apa saja fasilitas lain yang dimiliki oleh taman wisata burung Bali ini?

  • Area inkubator

Sesuai namanya, area ini merupakan area di Bali Bird Park yang digunakan untuk menetaskan telur-telur burung. Area ini juga merupakan arena yang menarik karena biasanya ada banyak seniman Bali yang datang dan menggambar telur-telur burung dengan menggunakan gambar-gambar dengan corak budaya Bali tradisional.

  • Event

Selain menyediakan hiburan berupa wahana yang disebutkan sebelumnya. Ada banyak kegiatan lain seperti event yang diselenggarakan oleh taman wisata burung Bali ini. Event yang diselenggarakan oleh taman wisata burung Bali ini merupakan event yang digunakan untuk membantu meningkatkan kepedulian pengunjung terhadap kehidupan dan juga ancaman kepunahan dari burung-burung yang hidup secara liar di era global ini.

Melalui event-event yang diadakan di taman wisata burung Bali, taman wisata burung Bali berusaha untuk memberikan peringatan pada kita anak dan orang dewasa untuk terus menyayangi binatang dan menempatkan mereka dalam pertimbangan ketika akan melakukan tindakan di masa depan.

  • Pengembangan burung Beo Pesquet

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain merupakan tempat wisata, taman wisata burung Bali juga merupakan tempat yang digunakan sebagai penangkaran untuk binatang atau burung yang hampir punah. Tempat penangkaran Bali Bird Park ini merupakan tempat yang digunakan fokus mengembangbiakkan hewan, salah satunya adalah burung beo Pesquet.

Akhir kata, taman wisata burung Bali ini merupakan salah satu taman yang memiliki banyak manfaat. Setelah berkunjung ke tempat ini anda akan makin sadar dengan keberadaan dari hewan-hewan seperti burung yang mungkin hampir punah. Dengan begitu anda bisa mengajarkan pada anak anda untuk lebih mencintai hewan dan juga memberikan perhatian pada mereka ketika mereka sudah dewasa nanti. Selain itu, pengenalan budaya dari berbagai daerah juga dilakukan oleh taman wisata burung Bali Bird Park ini, hal ini membuat pengalaman wisata yang dimiliki oleh taman wisata burung Bali ini menjadi makin lengkap.

 

Referensi dan Sumber :

http://www.balibirdpark.com/

https://nationalgeographic.grid.id/read/13288443/filipina-sita-satwa-langka-dari-indonesia?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Burung_Bali

 

Kesimpulan :

Apa itu Taman Burung Bali ?

Taman burung Bali adalah sebuah taman yang digunakan sebagai tempat wisata sekaligus tempat yang digunakan untuk menangkar burung-burung dari seluruh dunia dengan berbagai jenis. Penangkaran ini bahkan juga memberikan ruang pada burung-burung yang sudah terancam punah sehingga dapat kembali lestari.

Berapa Harga Tiket Masuk Taman Burung Bali ?

Lalu bagaimana dengan harga masuk ke taman wisata burung Bali ini? Untuk harga masuknya berkisar antara Rp 75.000 untuk anak-anak dan juga Rp 140.000 untuk orang dewasa.

Apa Saja Wahana yang ada di Taman Burung Bali ?

1. Wahana Rainforest

2. Wahana Basic instinct

3. Wahana Guyu-guyu Corner

4. Memberi makan burung

5. The Komodo Experience

6. Bioskop empat dimensi

Apa Saja Fasilitas di dalam Taman Burung Bali ?

1. Area inkubator

2. Event

3. Pengembangan burung Beo Pesquet

 

Sewa Container Café – PT BCI, Cafe Container Terbaik – PT BCI, Container Bekas Terbaik – PT BCI, Rekomendasi Container Sale – PT BCI, Sewa Container Murah – PT BCI, Jasa Jual Container – PT BCI, Rekomendasi Container Kantor – PT BCI, Jual Box Container Paling Terjangkau – PT BCI, Sale Container Terbaik – PT BCI, Kitchen Container Set – PT BCI, Dapur Container – PT BCI, Rental Gudang Container – PT BCI, Container Trade Terpercaya – PT BCI  Jual Container Café – PT BCI, Cafe Container Estetik – PT BCI, Rental Container Bekas Terbaik – PT BCI, Container Sale Terdekat – PT BCI, Sewa Container Terjangkau – PT BCI, Rekomendasi Jasa Jual Container – PT BCI, Sedia Container Kantor – PT BCI, Jual Box Container Paling Murah – PT BCI, Sale Container Berkualitas – PT BCI, Kitchen Container Terlengkap – PT BCI, Dapur Container Terbaik – PT BCI, Penyewaan Gudang Container – PT BCIRekomendasi Container Trade – PT BCI

Tags: