Liburan di Bali akan lebih menarik jika anda datang ke salah satu tempat wisata terbaik yang ada di sana. Salah satu tempat wisata terbaik yang bisa anda temukan di Bali adalah Bali Safari Marine Park. Mengapa tempat ini bisa disebut sebagai tempat wisata terbaik? Berikut ini adalah ulasannya.

Informasi Seputar Bali Safari Marine Park

 

Sebelum kita mulai membahas mengenai daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata Bali Taman Safari Marine ini kami kenalkan dahulu beberapa informasi umum dari tempat wisata tersebut. Tempat wisata Bali Taman Safari Marine adalah salah satu taman safari yang dikenal paling baik yang bisa anda temukan di Indonesia. Taman ini dibangun pada tanggal 13 November 2007. Pada saat dibangun Bali Safari Marine Park memiliki luas sekitar kurang lebih 40 km2 dan memiliki lebih dari 60 jenis hewan koleksi di dalamnya.

Salah satu hal yang menyebabkan tempat wisata Bali Taman Safari Marine ini menjadi taman safari terbaik adalah selain banyaknya hewan yang dimilikinya tapi juga dari keindahan penataan taman safari ini sendiri. Banyak pengunjung dari taman ini yang mengatakan bahwa penampilan dari tempat wisata Bali Taman Safari Marine ini tidak seperti taman safari di Indonesia karena keindahan yang dimilikinya.

Tempat wisata Bali Taman Safari Marine ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi jika anda salah orang yang menyukai alam bebas, gemar mencari tantang dan dan petualangan serta ingin menghabiskan waktu yang berkualitas dengan keluarga anda. Karena sifat wisata edukatif yang dimilikinya anda bisa mengajak anak-anak anda untuk menghabiskan waktu di tempat ini untuk wisata sekaligus belajar. Bagi anda yang ingin datang ke tempat wisata Bali Taman Safari Marine ini, anda bisa kunjungi pada jam 9 pagi hingga jam 9 malam dari hari Senin sampai hari Minggu.

 

Lokasi Bali Safari Marine Park 

 

Lalu bagaimana dengan lokasi dari Bali Safari Marine Park ini anda ada di Jl. Bypass Profesor Ida Bagus Mantra KM 19.8, Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi dari tempat wisata Bali Taman Safari Marine ini bisa dibilang cukup strategis. Hal ini disebabkan karena jaraknya dari kota Denpasar adalah 17 km saja. Akan tetapi jika anda datang dari arah pantai Kuta anda perlu menempuh jarak sekitar 31 km untuk bisa sampai di tempat wisata safari ini.

Dari Kuta waktu tempuh biasa ke taman safari Bali ini adalah sekitar 1 jam lebih 15 menit. Jika anda datang dari Kuta sebaiknya anda memulai perjalanan dari pagi hari. Waktu yang paling tepat untuk berangkat adalah pada pukul 9 pagi. Jika anda berangkat pada jam tersebut, lalu lintas Bali tidak akan begitu macet sehingga waktu tempuh dari Pantai Kuta ke taman safari Bali ini dapat dipersingkat menjadi 50 menit saja.

 

Koleksi Tempat Wisata Bali Taman Safari Marine

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain memiliki pemandangan yang menarik banyaknya koleksi yang dimiliki oleh taman safari Bali ini adalah salah satu hal yang menyebabkan taman ini menjadi taman safari yang terbaik. Untuk koleksinya, taman safari Bali ini memiliki lebih dari 60 spesies binatang yang dimiliki oleh Indonesia dan 2 negara lainnya. Negara asal dari hewan-hewan koleksi taman safari Bali ini antara lain adalah India dan juga Afrika.

Dari 60 spesies ada total 400 ekor satwa langka yang bisa anda temukan di taman safari Bali. Satwa langka yang dimiliki oleh taman safari Bali ini juga berasal dari 3 negara yaitu :

Satwa langka dari Indonesia :

  • Jalak Putih
  • Burung Hantu
  • Tapir
  • Buaya
  • Babi Rusa
  • Dan Harimau Sumatra

Harimau Sumatera

Photo by Stephanie LeBlanc on Unsplash

 

Satwa langka dari India :

  • Rusa Tutul
  • Beruang Himalaya
  • Nilgai
  • Dan Blackbuck

Blackbuck

Satwa langka dari Afrika :

Blue wildebeest

Photo by Craig Pretorius on Unsplash

 

Banyaknya koleksi hewan yang dimiliki oleh Bali Safari Marine Park ini akan membantu anda untuk memperkenalkan keberadaan satwa liar di dunia beserta habitat yang dimilikinya. Hal inilah yang menyebabkan taman safari Bali ini disebut sebagai tempat wisata edukatif.

Bali Safari Marine Park Sandholiday
Bali Safari Marine Park Sandholiday

Kegiatan yang bisa dilakukan 

Selain melihat hewan yang ada di dalam Bali Safari Marine Park ada banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di taman safari Bali ini. Apa saja kegiatan tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Berkeliling menggunakan mobil wisata

Dalam acara ini anda akan diajak untuk berkeliling taman safari Bali untuk melihat zebra, harimau, macan, kuda nil, badak dan hewan lainnya.

2. Melihat ikan hias yang ada di Akuarium Taman Safari Bali

Selain hewan yang ada di darat, taman safari Bali juga memiliki banyak koleksi hewan air yang ada di dalam akuariumnya. Meski bukan merupakan akuarium yang sangat besar tapi akan memberikan kepuasan pada anak anda pada saat melihatnya.

3. Melihat pertunjukan binatang

Disebut juga dengan Animal Show, pertunjukan ini akan digelar pada jam 10.30 WITA atau 16.00 WITA

4. Melihat Pertunjukan Harimau

Pertunjukan harimau atau Tiger show ini diadakan pada jam 11.15 WITA hingga 11.35 WITA.

5. Melihat Pertunjukan Gajah

Elephant Show ini diadakan pada pada jam 12.00 WITA atau 16.30 WITA.

6. Pertunjukan Tari Kolosal

Selain pertunjukan hewan, Bali Safari Marine Park juga memiliki pertunjukan lain yang berhubungan dengan budaya Bali yaitu pertunjukan tari kolosal dengan cerita mengenai raja Bali dengan melibatkan berbagai satwa di dalamnya. Pertunjukan ini dilakukan setiap hari kecuali hari Senin pada jam 14.30 WITA hingga 5.30 WITA

7. Water Park

Untuk anda yang ingin main air, juga menyediakan water park bagi anda. Tempat bermain ini merupakan kolam renang baik untuk Anak maupun orang dewasa.

8. Walking Safari

Berbeda dengan kegiatan eksplorasi pertama, pada kegiatan walking safari ini anda akan diajak berkeliling di Bali Safari Marine Park dengan dipandu oleh guide untuk melihat ragam binatang. Biasanya kegiatan ini akan selesai dalam waktu 15 menit saja.

9. Night Safari Journey

Untuk anda yang ingin melihat aktivitas hewan malam, anda juga bisa menikmati kegiatan wisata Night Safari Journey. Kegiatan ini adalah kegiatan berkeliling taman safari Bali di malam hari dan melihat aktivitas hewan malam dan juga binatang di taman safari Bali di malam hari. Aktivitas ini sesungguhnya merupakan aktivitas yang cukup menegangkan. Pasalnya dalam kegiatan ini anda akan diajak berkeliling dengan menggunakan mobil yang hanya dilindungi dengan jeruji besi seperti di penjara. Selain itu anda tidak hanya akan melihat hewan dari jauh, bahkan harimau-harimau bisa mendekati dan naik ke atap kendaraan anda dalam kegiatan ini. Cukup menegangkan bukan?

10. Afrika! Rhythm of Fire Show

Pertunjukan selanjutnya yang bisa anda nikmati adalah pertunjukan Africa! Rhythm of Fire. Sesuai dengan namanya, pertunjukan ini adalah pertunjukan tari api. Ketika anda menonton bersama dengan anak anda, berikan edukasi padanya untuk tidak mencobanya di rumah karena tarian tersebut adalah tarian yang berbahaya.

11. Elephant Ride

Belum puas melihat gajah? Jika belum, maka anda bisa mencoba menungganginya di taman safari Bali ini. Ketika anda ingin melakukan kegiatan menunggang gajah ini anda akan diberikan waktu selama 30 menit untuk berkeliling dengan menggunakan gajah. Untuk waktunya, anda perlu bersabar. Jika ingin mendapatkan kesempatan ini, maka anda perlu mengantri dan menggunakan kesempatan anda setelah dipersilahkan oleh panitia penyelenggara.

Elephant Ride

Sumber : https://www.balisafarimarinepark.com/safari/elephant-back-safari/

 

Konsep Taman Wisata

Untuk anda yang mengikuti artikel ini dari atas tentu anda sudah tahu bahwa Bali Safari Marine Park merupakan sebuah taman safari yang memiliki daya tarik utama dari segi pemandangan yang dimilikinya. Hal ini disebabkan karena konsep dari taman safari Bali ini memang merupakan tempat penangkaran hewan-hewan yang memiliki potensi punah yang tinggi. Baik itu binatang khas Indonesia maupun binatang dari negara-negara tetangganya.

Konsep penangkaran ini menjadikan taman safari Bali ini dihias sesuai dengan ekosistem yang dimiliki oleh hewan-hewan yang hidup di dalam penangkaran tersebut. Selain itu, hal menarik lainnya adalah pemasukan unsur budaya Bali dalam konsep taman. Ya selain untuk memperkenalkan binatang pada anak anda, taman safari Bali ini juga merupakan salah satu jembatan yang digunakan oleh pengelola untuk memperkenalkan sejarah, filosofi, mitos, budaya dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Bali, Bali Kuno dan kehidupan di alam liar. Dengan konsep taman seperti ini, Bali Safari Marine Park menjadi salah satu tempat wisata yang tidak hanya menghibur tapi juga memberikan pendidikan mengenai budaya yang cukup kuat.

Selain memberikan pendidikan pada anak dan orang dewasa, taman safari Bali ini juga memiliki daya tarik lain dari kegiatannya. Di taman safari Bali ini anda bisa mencoba melakukan kegiatan unik seperti memberikan makanan pada binatang di dalam taman safari Bali, menyentuh hewan yang sudah terlatih dan masih banyak lagi. Hal-hal seperti merupakan hal yang akan membuat anda menjadi lebih dekat dengan satwa sekaligus lebih tahu batasan di mana anda harus mendekat atau berhati-hati dengan satwa liar.

Harga Tiket Bali Safari Marine Park

Untuk anda yang ingin datang kesini untuk menikmati keindahan dari taman safari Bali atau ingin melakukan interaksi langsung dengan hewan anda bisa langsung datang ke taman safari Bali atau melakukan reservasi terlebih dahulu. Untuk harga tiketnya, harga tiket masuk ke taman safari Bali ini sangat beragam sesuai dengan paket wisata yang anda inginkan. Untuk paket dasarnya bisa dimulai dari Rp 135.000 hingga Rp 150.000. Harga paket wisata ini merupakan harga paket wisata liburan sekaligus program edukasi dan juga konservasi.

Untuk anda yang ingin mengunjungi taman safari Bali ini anda bisa datang sendiri, bersama rekan atau bersama dengan keluarga anda. Datang bersama dengan keluarga akan memberikan kesan yang lebih mendalam. Pasalnya berwisata bersama anak di taman safari Bali ini pasti akan memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih menyenangkan dibandingkan jika datang ke Bali Safari Marine Park sendiri.

 

Referensi dan Sumber :

https://www.balisafarimarinepark.com/

https://www.tripadvisor.co.id/Attraction_Review-g297695-d1024228-Reviews-Bali_Safari_Marine_Park-Gianyar_Gianyar_Regency_Bali.html

Tags:

Leave a Reply