Pulau Bali memang sudah sangat terkenal pesona keindahannya, dengan berbagai destinasi wisatanya yang beraneka ragam, ada wisata pantai, wisata gunungnya, juga wisata danaunya, salah satunya adalah destinasi Wisata Danau Beratan di Bedugul, Tabanan, Bali sebagai berikut :

Sejarah dan Lokasi

Alamat destinasi wisata nan elok dengan pemandangan alamnya yang mempesona danau Beratan Bedugul tersebut adalah berada di Jl. Raya Candi Kuning, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Suhu udara di area danau Beratan yang lokasinya berada pada ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan air laut tersebut sangat sejuk dan segar. Nama asli dari danau ini adalah bukan danau Bedugul, melainkan adalah bernama danau Beratan atau danau Bratan, namun karena danau Beratan atau danau Bratan tersebut masuk ke dalam wilayah kawasan objek wisata Bedugul, maka lantas populer dengan nama dan banyak wisatawan yang lebih familiar menyebutnya dengan nama sebagai danau Bedugul. Akibat ketinggian lokasi dari danau Beratan Bedugul ini maka meski pada saat siang hari pun udaranya masih akan terasa sangat sejuk, kemudian setelah jam 12:00 siang hari akan mulai muncul kabut.

Daya Tarik Utama Danau Beratan Bedugul

Adapun daya tarik utama dari destinasi wisata alam danau Beratan di Bedugul Tabanan Bali ini adalah sebagai berikut :

 

Pemandangan Pura di Tengah Danau

Terdapat pura yang berada di tengah danau Beratan Bedugul ini, nama pura yang ada di tengah danau tersebut adalah Pura Ulun Danau Beratan Bedugul.

 

Udara Sejuk Khas Daerah Pegunungan

Danau Beratan Bedugul ini memang berada di lokasi ketinggian, yakni sekitar 1300 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya pun sangat sejuk sekali, juga tingkat curah hujan di area danau Beratan Bedugul ini sangat tinggi, jadi persiapkan payung atau jas hujan saat berkunjung ke destinasi wisata ini.

 

Pemandangan Mempesona Warna-warni Bunga

Di dalam areal kawasan danau Beratan Bedugul ini juga terdapat pemandangan warna-warni hamparan bunga, serta pepohonan cemara yang rindang dan juga dengan hijaunya rerumputan.

Terdapat pula rusa dan juga kijang yang berada di dalam area destinasi wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul. Semua itu sangat menarik sekali.

 

Tersedia Fasilitas yang Memadai dan Cukup Lengkap

Destinasi wisata danau Beratan Bedugul ini sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, yakni antara lain ada lokasi parkir yang memadai, serta toilet, dan juga taman bermain untuk anak-anak.

Terdapat toko-toko kecil yang menjual souvenir khas Bali serta restoran buffet. Sudah tersedia juga warung ataupun restoran dengan berbagai jenis menu makanan yang berada di dekat kawasan danau Beratan Bedugul tersebut. Juga sudah tersedia banyak tempat menginap bagi para wisatawan yang ingin bermalam di kawasan danau Beratan Bedugul Tabanan Bali ini.

 

Penataan yang Rapi dan Bersih

Area perkebunan di lokasi danau wisata Beratan Bedugul ini sudah tertata rapi, juga kebersihan tempat destinasi wisata ini sangat terjaga. Sehingga membuat suasana yang nyaman dan membuat para wisatawan menjadi betah berada di lokasi danau Beratan Bedugul yang asri dan sejuk ini.

 

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Danau Beratan Bedugul

Adapun waktu terbaik untuk berlibur dengan mengunjungi objek destinasi wisata Danau Beratan Bedugul dan objek wisata kebun raya Bedugul itu adalah pada saat sejak masih di pagi hari, yakni pada sekitar jam 09:00 sampai jam 11:00 pagi hari, meskipun jam operasional destinasi objek wisata danau Beratan Bedugul itu sudah buka sejak dari jam 08:00 hingga jam 18:00 waktu Bali. Maksud dan tujuan untuk datang di pagi hari tersebut adalah untuk menghindari turunnya kabut karena kabut akan bisa menutupi pemandangan objek wisata di danau Beratan Bedugul tersebut. Selain untuk menghindari kabut, di kawasan objek wisata danau Beratan Bedugul tersebut juga sering hujan yang terjadi pada sore hari. Jika datang saat hari baik, wisatawan juga bisa menyaksikan upacara pemujaan Dewi Danu, dewi kesuburan.

DANAU BERATAN BEDUGUL

 

Tempat Wisata dan Aktivitas Liburan di Sekitar Danau Bratan Bedugul

Jika para wisatawan yang belum pernah berlibur ke objek wisata danau Beratan Bedugul ini mungkin masih bertanya-tanya mengenai apa saja tempat wisata menarik di area kawasan danau Beratan Bedugul tersebut dan juga selain itu, adalah pertanyaan mengenai aktivitas liburan seru apa yang dapat di lakukan di area danau Beratan Bedugul tersebut. Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maka berikut ini adalah tempat destinasi wisata yang menarik, dan juga aktivitas liburan yang dapat dilakukan area di sekitar danau Beratan Bedugul Tabanan Bali tersebut.

 

Pura Ulun Danau Beratan

Objek tempat wisata menarik yang berada tepat di pinggir danau Beratan itu adalah pura Ulun Danu Beratan Bedugul. Pura Ulun Danu Beratan tersebut adalah pura yang sangat unik karena lokasi pura itu adalah berada di tengah danau. Sehingga ketika pada saat air danau naik, maka pura Ulun Danu Beratan Bedugul tersebut akan terlihat seperti terapung di atas permukaan air danau. Berkat pesona pemandangan yang unik dan khas inilah maka meskipun pulau Bali itu memiliki banyak sekali objek destinasi wisata yang populer dan terkenal lainnya, yakni seperti tempat wisata Tanah Lot, atau pantai Kuta atau juga pura Luhur Uluwatu dan lain sebagainya, namun tempat wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul ini selalu menjadi ikon unggulan dari destinasi pariwisata Bali. Jika memperhatikan gambar pada lembaran mata uang Rp 50.000,- yang lama, maka akan terdapat gambar pura Danu Beratan di mata uang kertas tersebut. Bangunan Pura Ulun Danau Beratan tersebut bangunan puranya juga sangat kental mencirikan bangunan khas Bali, yakni bangunan pura yang memiliki atap yang bertingkat, dan terdapat menara dengan atap sejumlah 11 tingkat, dan 7 tingkat, serta 3 tingkat. Menara tersebut merupakan simbol dari kepercayaan umat Hindu di Bali, yakni sebagai perwujudan simbol dari tiga dewa tertinggi, Trimurti yakni Dewa Wisnu (11 tingkat), dan Dewa Brahma (7 tingkat), serta Dewa Siwa (3 tingkat). Selain pura yang ada di tepi danau Beratan Bedugul, yakni pura Hindu yang bernama pura Ulun Danu tersebut ada juga tempat wisata Kintamani, di kabupaten Bangli, yang terdapat pura juga bernama pura Ulun Danu Batur. Namanya memang mirip-mirip namun jangan bingung antara kedua tempat wisata pura yang bernama mirip tersebut, karena lokasinya berbeda dan juga masing-masing memiliki daya tarik yang berbeda.

 

Kebun Raya Bedugul

Berjarak sangat dekat yakni cukup 5 menit perjalanan dari Danau Beratan, maka akan sampai di satu-satunya Kebun Raya di Bali, yakni Kebun Raya Bedugul.

 

Aktivitas Favorit Wisatawan

Aktivitas favorit wisatawan pada saat liburan ke danau Beratan Bedugul Tabanan Bali itu adalah berfoto dengan latar belakang pura terapung yang berada di tengah danau tersebut, sehingga akibat banyaknya para wisatawan yang ingin memiliki foto dengan berlatar belakang pura terapung tersebut maka tempat spot lokasi berfoto itu selalu saja penuh ramai orang, dan akan kesulitan untuk mengambil foto dengan tanpa adanya orang lain yang ada di samping ikut masuk terpotret ke dalam foto. Cara menghindarinya adalah dengan datang lebih pagi.

Pemandangan yang paling menarik, khas dan unik yang dapat disaksikan adalah kabut yang terkadang terlihat namun juga terkadang hilang di atas permukaan danau. Apabila datang saat kabut turun, maka kabut akan menyelimuti area di pura, dan juga danau serta pemandangan di bukit.

Selain berfoto, banyak juga para wisatawan yang menyewa perahu speed boat untuk mengelilingi danau Beratan, Bedugul tersebut guna dapat menikmati pemandangan danau dari jarak yang lebih dekat. Danau Beratan Bedugul tersebut memiliki kedalaman air yang hingga 23 meter, jadi para wisatawan diharapkan agar berhati-hati saat menaiki speedboat mengelilingi hingga ke tengah danau tersebut.

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Bratan 2019

Jika hanya sebatas ingin menyaksikan pemandangan danau Beratan Bedugul saja, dan tidak ingin memasuki area pura Ulun Danu Beratannya juga maka wisatawan dapat berhenti di pinggir Jalan Raya Candi Kuning Bedugul. Dari pinggir jalan tersebut maka para wisatawan sudah dapat menyaksikan dengan secara jelas pemandangan indah danau Beratan Bedugul. Namun jika wisatawan juga ingin masuk ke areal pura Ulun Danu Beratan, untuk dapat melakukan foto dengan latar belakang pura terapung di tengah danau, maka wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar :

Rp 20,000,- per 1 dewasa.

Rp 15,000,- per 1 anak.

Biaya parkir Rp 2.000,- per 1 sepeda motor

Biaya parkir Rp 5,000,- per 1 mobil.

Biaya parkir bus Rp 10,000 per 1 bus.

Adapun harga naik perahu ataupun harga sewa speed boat keliling danau Beratan Bedugul adalah sebagai berikut.

Harga Sewa Speedboat Keliling Danau Beratan Bedugul dengan:

Speedboat yang memiliki kapasitas 4 orang penumpang adalah Rp 100,000,- per 1 kali putaran.

Speedboat yang memiliki kapasitas 8 orang penumpang adalah Rp 185,000,- per 1 kali putaran.

 

Rute dan Jarak Tempuh menuju Danau Beratan Bedugul Tabanan Bali

Mencari lokasi destinasi wisata Pura Ulun Danu Beratan yang berada di area danau Beratan Bedugul tersebut sangatlah mudah, disamping karena sudah populer juga karena lokasinya yang strategis yakni berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan antara wilayah Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Buleleng. Alamat lengkapnya adalah di Jalan Raya Candi Kuning, Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Jika wisatawan berangkat dari tempat wisata Kuta Bali, maka untuk mencapai lokasi pura Ulun Danu Beratan di danau Beratan Bedugul tersebut akan memerlukan waktu jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan, dengan jarak tempuh yakni sepanjang 61 kilometer. Karena lokasi danau Beratan Bedugul tersebut berada di daerah pegunungan, maka akan terdapat banyak jalan tanjakan yang akan ditemui dan harus dilalui. Uniknya rute menuju danau Beratan Bedugul ini adalah akan melewati hotel angker yang tak pernah jadi, yakni hotel PI Bedugul. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat wisatawan pilih untuk menuju lokasi destinasi objek wisata danau Beratan Bedugul tersebut, namun karena letak lokasinya sangat jauh dari tempat destinasi wisata lainnya yang ada si Bali selatan, maka kemudian banyak wisatawan yang memilih untuk menggunakan jasa persewaan mobil yang berikut dengan supir dan bbmnya demi alasan kepraktisan. Jika dari kota Denpasar adalah sekitar 55 km dengan waktu tempuh 1,5 jam, sedangkan jika dari Kuta butuh sekitar 70 km dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan, dan jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai, maka akan memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

 

Danau Beratan Bedugul Tabanan Bali – Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket Masuk Terbaru Sandholiday
Danau Beratan Bedugul Tabanan Bali – Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket Masuk Terbaru Sandholiday

Demikianlah pembahasan mengenai destinasi wisata danau Beratan di Bedugul, Tabanan, Bali.

 

Tags:

Leave a Reply