Salah satu hal menarik yang bisa ditemukan di Bali sebagai sebuah kawasan wisata selain karena alamnya yang indah adalah karena kebudayaannya yang sangat menarik. Salah satu kebudayaan yang banyak dinantikan oleh para wisatawan adalah kebudayaan tari kecak.

Mengenai Tari Kecak

Seperti yang disebutkan sebelumnya tari kecak adalah salah satu budaya yang keberadaannya sangat dinanti-nantikan oleh para wisatawan. Untuk anda yang belum sepenuhnya mengenal tarian ini, berikut ini adalah penjelasan mengenai tari kecak serta daya tarik yang dimilikinya

  • Mengenai tarian

Tari kecak merupakan salah satu tarian terbesar yang bisa ditemukan di Indonesia. Hal inilah yang membuat tarian ini menjadi salah satu tarian yang istimewa. Dalam setiap pagelaran, sebuah tari kecak bisa dimainkan dari 50 orang hingga 150 orang. Bagaimana sangat banyak bukan? Semua penari yang kebanyakan pria ini nantinya akan duduk bersila membentuk lingkaran dengan menghadap ke bagian luar. Dalam posisi ini tangan para penari akan dibuka dan digerakkan mengikuti suara irama cak cak cak yang dilakukan.

Dalam tarian ini properti pakaian yang digunakan oleh para penari pria tergolong sederhana. Dalam tari kecak ini para pria akan bertelanjang dada dan menggunakan kain sarung serta kain kotak kotak berwarna hitam putih di pinggang mereka. Sangat menarik dan sangat fenomenal.

  • Tema tarian

Tarian yang ditarikan oleh sejumlah besar orang ini merupakan tarian yang sudah ada sejak masa lalu. Hal inilah yang menyebabkan tema tari kecak ini bisa dibilang cukup kuno. Bisanya dalam pagelaran tari kecak, tema yang diambil adalah tema tarian Ramayana. Dalam tema tarian tersebut tokoh utamanya adalah Rama, Sinta, Hanoman dan juga Rahwana. Cerita mengenai Ramayana ini merupakan salah satu cerita rakyat yang sangat populer di beberapa bagian Negara Indonesia. Salah satunya adalah di Jawa Tengah. Di Jawa Tengah tepatnya di Candi Borobudur, cerita Ramayana ini juga sering dipentaskan dengan seni tari khas dari Jawa Tengah. Meskipun tariannya berbeda tapi inti ceritanya sama di mana Sinta yang merupakan istri dari rama diculik oleh Rahwana, kemudian diselamatkan oleh Hanoman.

  • Pelaksanaan tari kecak

Karena skalanya yang besar, pagelaran seni tarian kecak ini menjadi salah satu pagelaran seni yang sangat menarik wisatawan. Tidak aneh jika di daerah Bali ada 3 tempat yang biasa digunakan untuk melakukan pagelaran seni tari kecak ini. Tiga Pagelaran seni tersebut adalah :

  • Pagelaran Seni Tari kecak Uluwatu
  • Pagelaran Seni Tari Kecak GWK Bali
  • Pagelaran Seni Tari Kecak Ubud

Dari 3 tempat pagelaran seni tari kecak ini, salah satu empat pagelaran seni yang paling populer adalah pagelaran seni tari di Uluwatu. Mengapa dan berapa harga tiketnya? Berikut ini adalah ulasan lebih dalamnya.

Wisata di Uluwatu, Bali

Seperti yang disebutkan sebelumnya tarian kecak yang paling populer adalah tarian kecak yang diselenggarakan di Uluwatu, Bali. Tarian di tempat ini menjadi sangat populer karena daerah Uluwatu sendiri memiliki banyak sekali daya tarik sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung dan menikmati tarian kecak sekaligus.

Untuk anda yang penasaran dengan apa saja hal menarik yang bisa didapatkan dari daerah Uluwatu ini, berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa tempat wisata yang sayang dilewatkan ketika anda ke Uluwatu. Apa saja?

  • Pura Uluwatu

Salah satu tempat wisata yang paling menarik dan sayang untuk dilewatkan ketika anda datang ke Uluwatu adalah Pura Uluwatu. Pura ini merupakan salah satu pura bersejarah yang bisa ditemukan di Bali. Pura ini merupakan pura yang berlokasi di tebing yang berhadapan langsung dengan keindahan dari Samudera Hindia. Hal inilah yang menyebabkan pura ini menjadi pura yang sangat populer. Selain itu tarian kecak di daerah Uluwatu juga diselenggarakan di Pura Uluwatu ini. Hal inilah yang menyebabkan tari kecak Uluwatu menjadi makin menarik. Selain semangat pada penarinya yang menggetarkan jiwa, suasana sakral nan kental bisa anda rasakan di pura Uluwatu tempat berlangsungnya tarian ini.

  • Melihat kera

Selain melihat tarian dan juga menikmati keindahan alam dari pura Uluwatu, di Uluwatu ini anda juga bisa bersenda gurau dengan salah satu satwa paling populer di Bali yaitu kera.

  • Tempat wisata lain

Selain tempat wisata dan kegiatan wisata yang disebutkan sebelumnya, di daerah Uluwatu ini masih ada banyak lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Diantaranya adalah pantai Suluban yang merupakan pantai para peselancar. Pantai ini memiliki keunikan berupa adanya wisata gua yang memiliki penampilan yang sangat eksotis. Selain pantai ini, masih ada banyak sekali pantai di daerah Uluwatu yang juga bisa anda kunjungi.

Tentang Tari Kecak di Uluwatu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu tempat yang digunakan sebagai penyelenggaraan tarian kecak yang populer di Bali adalah daerah Uluwatu. Tarian kecak dari Uluwatu ini bisa dibilang sebagai salah satu tarian yang paling populer di Bali. Mengapa? Salah satunya disebabkan karena tempat yang digunakan untuk pagelaran.

Pura Uluwatu adalah salah satu tempat ibadah peninggalan yang hingga saat ini masih sangat aktif digunakan. Hal inilah yang menyebabkan tempat ini menyebarkan suasana yang sakral. Bukan hanya itu, tarian kecak juga merupakan tarian yang sakral sehingga sebelum pertunjukan tarian kecak ini diselenggarakan para penonton akan diajak untuk berdoa terlebih dahulu oleh pendeta hindu yang ada di Pura tersebut.

  • Lokasi penyelenggaraan

Untuk anda yang penasaran ingin datang dan menikmati pagelaran seni tari kecak di pura Uluwatu ini anda hanya perlu datang ke Pura Uluwatu yang beralamat di Desa Pecatu, Kuta, Badung. Lokasi dari pura ini sekitar 21 KM jika ditempuh dari Bandara Ngurah Rai. Dengan jarak tempuh ini maka setidaknya akan memakan waktu sekitar 50 menit untuk sampai ke Pura Uluwatu dengan menggunakan kendaraan pribadi.

  • Waktu penyelenggaraan

Lalu kapan waktu penyelenggaraan tarian tersebut? Tarian kecak ini diselenggarakan setiap harinya. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan jadwal anda. Kapan saja jadwal anda longgar anda bisa datang ke Pura Uluwatu untuk menyaksikan tarian menarik ini. Untuk pagelarannya sendiri bisanya dimulai pada jam 6 sore hingga jam 7 malam.

  • Panggung tari kecak di Uluwatu

Karena di selenggarakan di Pura Uluwatu, panggung dari tarian kecak ini menjadi sangat indah. Tarian diselenggarakan di tempat yang terbuka dengan tempat duduk penonton yang mengelilingi panggung dengan model tempat duduk yang lebih tinggi dibandingkan dengan panggungnya. Posisi pertunjukan ini juga menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tari kecak di Uluwatu ini.

  • Hal menarik lain dari tarian kecak di Uluwatu

Selain panggungnya yang luas dan terbuka ada hal lain yang menarik dari tari kecak dari Uluwatu. Salah satu yang menarik dari tarian tersebut adalah mengenai penyelenggaraannya. Tari kecak diselenggarakan di Pura Uluwatu, di tempat yang terbuka yang berhadapan dengan Samudera Hindia. Hal ini menyebabkan pertunjukan tari kecak di Uluwatu menjadi makin menarik dan istimewa.

Karena lokasinya yang sangat strategis, sebelum pertunjukan dimulai anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam di Samudera yang sangat luas. Hal ini akan memberikan pengalaman tersendiri untuk anda yang menonton tari kecak di Uluwatu. Bukan hanya itu, di panggung tari kecak di Pura Uluwatu ini juga ada beberapa hiasan berupa obor api yang membuat suasana menjadi makin dramatis seperti panggung opera.

  • Harga tiket

Bagaimana? Ada banyak hal yang membuat pertunjukan tari kecak Uluwatu menjadi makin menarik bukan? Untuk anda yang tertarik dan ingin melihat pertunjukan tari kecak Uluwatu ini anda bisa saja membeli tiket langsung di booth tiket yang disediakan. Jika anda ingin datang langsung dan membeli tiket maka anda bisa datang sebelum jam 17.30 untuk mengantri tiket. Hal ini disebabkan karena booth penjualan tiket secara offline akan dimulai dari jam 17.30.

Sayangnya tiket yang dijual di booth biasanya jumlahnya sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena tari kecak memang merupakan tari yang sangat populer dan biasanya sudah banyak dipesan secara online. Jadi bagi anda yang juga ingin menonton pertunjukan ini, disarankan untuk membeli tiket secara online. Tiket online dari tari kecak ini bisa dibeli di jasa traveling yang anda percaya. Lalu berapa harga tiketnya? Untuk harga tiketnya, untuk menonton tarian kecak ini biasanya anda perlu merogoh kocek hingga Rp 100.000 untuk setiap seat yang anda sewa.

Tips Wisata Tari Kecak di Uluwatu

Untuk anda yang akan menonton tari kecak di Uluwatu ada beberapa tips yang perlu anda ketahui apa saja?

  • Waktu datang

Untuk anda yang ingin menonton pertunjukan dengan nyaman, maka pastikan anda datang sebelum booth penjualan tiket dibuka. Hal ini merupakan salah satu strategi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tempat duduk yang paling baik. Hal ini berlaku baik anda yang sudah memiliki tiket atau masih akan membeli tiket untuk menonton.

  • Mengenai pakaian

Ingat lokasi anda berhadapan dengan Samudera Hindia jadi hawa dingin sudah pasti akan anda rasakan jadi pastikan menggunakan pakaian yang hangat atau setidaknya gunakan kain untuk menghalau hawa dingin

Menonton tari Kecak bersama dengan Sandholiday

Untuk anda yang ingin menonton tari kecak di Uluwatu, anda bisa menontonnya langsung di Pura Uluwatu dengan membeli tiket on the sport atau bisa juga melalui jasa online. Lalu dengan apa anda datang ke sana? Untuk datang ke tempat pertunjukan anda bisa menggunakan alat transportasi yang dimiliki oleh Sandholiday. Sandholiday menyediakan banyak jenis alat transportasi yang bisa anda gunakan untuk berwisata. Baik anda sedang berwisata dengan kelompok kecil atau sedang berwisata dengan kelompok besar, Sandholiday siap mengantarkan anda sampai ke tujuan wisata anda.

Menggunakan jasa transportasi dari Sandholiday tidaklah sulit. Anda hanya perlu menghubungi jasa sewa transportasi tersebut lalu pihak jasa transportasi akan mengajak anda untuk berunding mengenai jenis transportasi dan juga jadwal wisata yang anda miliki. Selain mudah, Sandholiday juga merupakan salah satu jasa dengan tenaga profesional yang tentu tidak akan mengecewakan anda.

Kesimpulan

Apa Tema Tari Kecak ?

Tarian yang ditarikan oleh sejumlah besar orang ini merupakan tarian yang sudah ada sejak masa lalu. Hal inilah yang menyebabkan tema tari kecak ini bisa dibilang cukup kuno. Bisanya dalam pagelaran tari kecak, tema yang diambil adalah tema tarian Ramayana. Dalam tema tarian tersebut tokoh utamanya adalah Rama, Sinta, Hanoman dan juga Rahwana. Cerita mengenai Ramayana ini merupakan salah satu cerita rakyat yang sangat populer di beberapa bagian Negara Indonesia. Salah satunya adalah di Jawa Tengah. Di Jawa Tengah tepatnya di Candi Borobudur, cerita Ramayana ini juga sering dipentaskan dengan seni tari khas dari Jawa Tengah. Meskipun tariannya berbeda tapi inti ceritanya sama di mana Sinta yang merupakan istri dari rama diculik oleh Rahwana, kemudian diselamatkan oleh Hanoman.

Dimana Saja Tempat Pagelaran Tari Kecak ?

1. Pagelaran Seni Tari kecak Uluwatu
2. Pagelaran Seni Tari Kecak GWK Bali
3. Pagelaran Seni Tari Kecak Ubud

Berapa Harga tiket pagelaran tari kecak Uluwatu ?

Bagaimana? Ada banyak hal yang membuat pertunjukan tari kecak Uluwatu menjadi makin menarik bukan? Untuk anda yang tertarik dan ingin melihat pertunjukan tari kecak Uluwatu ini anda bisa saja membeli tiket langsung di booth tiket yang disediakan. Jika anda ingin datang langsung dan membeli tiket maka anda bisa datang sebelum jam 17.30 untuk mengantri tiket. Hal ini disebabkan karena booth penjualan tiket secara offline akan dimulai dari jam 17.30.

Sayangnya tiket yang dijual di booth biasanya jumlahnya sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena tari kecak memang merupakan tari yang sangat populer dan biasanya sudah banyak dipesan secara online. Jadi bagi anda yang juga ingin menonton pertunjukan ini, disarankan untuk membeli tiket secara online. Tiket online dari tari kecak ini bisa dibeli di jasa traveling yang anda percaya. Lalu berapa harga tiketnya? Untuk harga tiketnya, untuk menonton tarian kecak ini biasanya anda perlu merogoh kocek hingga Rp 100.000 untuk setiap seat yang anda sewa.

apa Hal Menarik lain dari tarian kecak di Uluwatu ?

Selain panggungnya yang luas dan terbuka ada hal lain yang menarik dari tari kecak dari Uluwatu. Salah satu yang menarik dari tarian tersebut adalah mengenai penyelenggaraannya. Tari kecak diselenggarakan di Pura Uluwatu, di tempat yang terbuka yang berhadapan dengan Samudera Hindia. Hal ini menyebabkan pertunjukan tari kecak di Uluwatu menjadi makin menarik dan istimewa.

 

Tags: