Apa sih yang terbersit dalam benak Anda ketika mendengar Bali? Sebuah rangkaian perjalanan liburan wisata tentunya. Liburan ke Bali tidak akan pernah mengecewakan karena disana terdapat banyak sekali objek wisata yang rasanya tidak akan pernah cukup ditelusuri selama sehari dua hari saja. Pengalaman wisata di Pulau Dewata ini juga bukan sekadar berjalan-jalan menikmati pemandangan khas alam dan tradisi, para pengunjung, termasuk Anda bahkan berkesempatan menghabiskan waktu di berbagai wahana termasuk water sport yang salah satunya difasilitasi di Pantai Tanjung Benoa Bali.

Wahana watersport di Bali termasuk yang tersedia di Pantai Tanjung Benoa merupakan salah satu tujuan populer wisatawan dalam dan luar negeri. Bermacam pilihan aktivitas semakin dikembangkan dan difasilitasi dengan standar internasional. Tertarik dengan pengalaman-pengalaman seru khas wisata bahari di Bali? Simak uraian kita di bawah ini sampai habis dan setelah itu rencanakan perjalanan liburan mengasyikkan bersama keluarga atau sahabat di tahun 2020 ini.

Pilihan Aktivitas Water Sport di Bali 2020

Water Sport merupakan aktivitas (biasanya permainan/olahraga) yang dilakukan di lokasi perairan dan sering jadi langganan wisatawan. Bali adalah tempat yang sangat ideal untuk menjalani beragam aktivitas watersport karena ada banyak spot yang menunjang baik dari faktor lanskap, fasilitas, dan kondisi geografis lainnya. Aktivitas water sport juga bisa dilakukan berbagai usia dengan menggunakan standar keamanan yang terjamin dan selalu diawasi/dipandu tim profesional.

Nah, ada aktivitas water sport apa saja di Bali?

Aktivitas water sport di Bali terbagi dalam 4 kategori berdasarkan lokasinya. Masing-masing adalah:

  1. Aktivitas water sport di pantai
  2. Aktivitas water sport di laut
  3. Aktivitas water sport di dalam laut
  4. Aktivitas water sport di sungai

Berikut kita bahas satu persatu aktivitas apa saja yang termasuk dalam empat kategori water sport di atas.

Aktivitas Water Sport Pantai

Lokasinya berada di pinggir atau sekitar pantai. Wahana inilah yang sering digunakan para wisatawan karena tergolong sangat aman bagi pemula. Salah satu jenis aktivitas watersport ini yang populer adalah parasailing. Parasailing dilakukan dengan memakai parasut khusus yang kemudian ditarik oleh speed boat atau kendaraan lain di pinggir pantai. Namun lebih seru jika dimainkan di atas permukaan air pantai yang masih dangkal.

Aktivitas Water Sport Laut

Ada banyak sekali aktivitas water sport yang dilakukan di permukaan laut seperti snorkeling, kite surfing, surfing, dan lain-lain. Aktivitas ini juga paling sering dimainkan wisatawan mancanegara yang penasaran dengan tantangan deburan ombak khas di perairan Bali.

Aktivitas Water Sport Dalam Laut

Jenis aktivitas yang sebaiknya disarankan bagi yang sudah profesional atau punya kemampuan berenang/menyelam. Contohnya adalah wisata kapal selam, scuba dive indonesia, sea walker, dan lain-lain.

Aktivitas Water Sport Sungai

Bukan hanya di laut atau pantai, karena aktivitas water sport yang penting dilakukan di area perairan termasuk sungai. Jenis aktivitas water sport di sungai contohnya adalah rafting. Di Bali, Anda bisa mencoba pengalaman rafting yang seru di Ubud atau kawasan sungai lainnya.

 

Water Sport Paling Aman untuk Pemula

Semua jenis aktivitas water sport yang disebutkan di atas selalu dipandu dan diawasi oleh tim profesional sehingga terjamin keamanannya bahkan bagi pemula. Namun tidak semua jenis aktivitas water sport itu langsung dapat dicoba pemula, kecuali sudah merasa percaya diri dan dalam kondisi yang memungkinkan. Tapi jangan khawatir karena jenis aktivitas water sport di Bali tak terbatas pada yang itu-itu saja. Beberapa lokasi yang direkomendasikan bagi pemula untuk melakukan aktivitas water sport di Bali antara lain Labuhan Amuk Karangasem, Pantai Serangan, Nusa Lembongan, Pantai Sanur, dan Pantai Tanjung Benoa Bali.

Kali ini kita khusus mengulas wisata watersport di Tanjung Benoa Bali karena ada banyak alasan yang membuat lokasi ini sangat cocok bagi setiap wisatawan dan sangat disayangkan jika dilewatkan.

 

Serunya Wahana Water Sport di Tanjung Benoa

Wahana watersport di Tanjung Benoa Bali sering jadi langganan karena lokasi ini disebut-sebut sebagai tempat wisata bahari terbaik dan disarankan bagi yang hendak mencicipi beragam aktivitas bagi pemula. Tanjung Benoa merupakan medan yang tepat untuk mengisi waktu liburan bersama dengan interaksi langsung dengan alam lewat berbagai wahana tersedia.

Watersport Tanjung Benoa Bali – Pilihan Aktivitas & Daftar Harga Terbaru Wahana Permainan 2020 - Sandholiday
Watersport Tanjung Benoa Bali – Pilihan Aktivitas & Daftar Harga Terbaru Wahana Permainan 2020 – Sandholiday

 

Setidaknya ada 2 faktor kenapa tempat ini sangat direkomendasikan untuk aktivitas water sport, yaitu:

  1. Kondisi perairan yang tenang
  2. Lokasi strategis

 

Kondisi Perairan Tenang

Permukaan laut di Tanjung Benoa cenderung stabil dan tenang. Kondisi itulah yang menguatkan alasan kenapa sebaiknya mencoba beragam aktivitas water sport di sana. Bila dibandingkan dengan beberapa lokasi lain yang juga populer seperti Pantai Balangan dan Pantai Kuta, Tanjung Benoa tidak akan menimbulkan risiko yang mencemaskan bagi pemula.

Lokasi Strategis

Lokasinya berdekatan dengan beberapa spot wisata lain yang populer seperti Garuda Wisnu Kencana Culture Park, Pantai Jimbaran, Nusa Dua, Uluwatu, Pantai Suluban, dan beberapa tempat lain yang mudah dan cepat diakses dari Tanjung Benoa.

Lalu, di manakah lokasi Tanjung Benoa Bali?

Objek wisata ini dapat diakses langsung dari Bandara Ngurah Rai dengan jarak sekitar 15 KM. Artinya, jarak tempuhnya tidak lebih setengah jam. Pantainya sendiri berdekatan dengan Nusa Dua, yakni tepat di bagian tenggara Pulau Bali.

Jadwal Wahana Watersport di Tanjung Benoa

Wahana ini terbuka setiap hari dimulai dari pagi jam 9 hingga 3 sore. Batasan jadwal sampai sore itu dipertimbangkan atas dasar kondisi perairan pantai yang mulai surut sehingga tidak memungkinkan speed boat beroperasi secara normal.

Karena terbuka setiap hari, Anda bebas menentukan kapan saja mau berkunjung ke lokasi ini asalkan sesuai jam operasionalnya.

Tiket Wisata Water Sport Terbaru 2020 di Tanjung Benoa

Berikut ini merupakan daftar biaya penggunaan masing-masing wahana water sport berikut deskripsinya:

  • Wahana Banana Boat dikenai biaya Rp 70.000 per orang

Wahana ini menggunakan perahu berbentuk pisang kuning besar yang akan mengantarkan Anda mengarungi permukaan laut. Titik tolaknya dari pinggir pantai pasir putih dan ditarik oleh sebuah speedboat. Sebagai penumpang, Anda akan mendapatkan fasilitas keamanan berupa jaket pelampung.

  • Flyboard Tanjung Benoa dikenai biaya Rp 550.000 per orang

Wahana yang tergolong masih baru namun sering difavoritkan wisatawan. Anda akan mengenakan sebuah alat yang dipasang pada kaki berbentuk seperti sepatu dengan mesin jet. Alat itu disambungkan sebuah selang panjang ke jet ski yang memompa air dan mendorong Anda hingga terbang. Sensasi melayang di atas permukaan laut Anda akan rasakan dengan ketinggian yang bisa mencapai sekitar 15 meter.

  • Flying Fish dikenai biaya Rp 150.000 per orang

Dinamai Flying Fish karena dari kejauhan nampak seperti ikan raksasa yang terbang. Anda bisa sendirian atau bersama rekan menaiki sebuah perahu besar yang kemudian ditarik speedboat dalam kecepatan tertentu dan rasakan sensasi melayang-layang di atas permukaan laut.

  • Intro Scuba Diving dikenai biaya Rp 300.000 per orang

Anda yang penasaran dengan kehidupan di bahwa kedalaman laut dapat mencoba wahana ini. Aktivitas ini dikhususkan bagi pemula yakni cuma mencapai kedalaman sekitar 6 meter. Oleh sebab itulah dinamai Intro Scuba Diving.

  • Jet Ski dikenai biaya Rp 150.000 per orang.

Anda yang belum pernah menaiki jet ski bisa memilih wahana ini di Tanjung Benoa. Di atas permukaan laut Anda akan seperti menaiki sepeda motor dengan kecepatan tertentu dan jangan khawatir karena pemandu profesional selalu siap mendampingi Anda.

  • Mangrove Forest & Pulau Penyu Tour dikenai biaya Rp 600.000 pe orang

Sebuah paket wisata bahari yang menyediakan beberapa fasilitas atraksi mulai dari parasailing, jet ski, hingga perjalanan wisata ke penangkaran penyu di Nusa Dua.

  • Pulau Penyu Glass Bottom Boat dikenai biaya Rp 350.000 per kapal

Bersama rombongan khususnya anak-anak, Anda akan berkunjung ke lokasi penangkaran penyu hijau. Untuk menjangkau lokasi ini Anda akan menggunakan perahu glass bottom.

  • Rolling Donut dikenai biaya Rp 80.000 per orang

Dari namanya sudah ketahuan wahana seperti apa yang akan Anda naiki. Konsepnya memang agak mirip dengan banana boat namun sensasinya jelas berbeda.

  • Seawalker Tanjung Benoa dikenai biaya Rp 350.000 per orang

Aktivitas yang cukup unik karena Anda akan merasakan serunya berjalan-jalan di bawah kedalaman laut mengenakan helm seperti astronot.

  • Single Parasailing dikenai biaya Rp 80.000 per orang

Anda akan terbang digerakkan oleh payung raksasa dan ditarik oleh sebuah speedboat. Cocok bagi Anda yang ingin mencoba sendiri tantangan terbang sendirian dari atas ketinggian permukaan laut.

  • Snorkeling dikenai biaya Rp 150.000 per orang

Aktivitas snorkeling di Tanjung Benoa sering diminati karena biayanya yang termurah dan sangat cocok untuk latihan bagi pemula dengan ombak yang tenang.

  • Tandem Parasailing Adventures Rp 350.000 per orang

Aktivitas yang sama dengan single parasailing namun bedanya bisa dilakukan lebih dari satu orang. Jadi, Anda bisa mengajak dua rekan untuk terbang bersama-sama mengarungi ketinggian di atas permukaan laut.

Sumber : https://www.tripadvisor.com.my/AttractionProductReview-g255072-d11479702-Gold_Coast_Solo_or_Tandem_Parasailing-Surfers_Paradise_Gold_Coast_Queensland.html

 

  • Wakeboarding dikenai biaya Rp 250.000 per orang

Wakeboarding merupakan sebuah atraksi menaiki sebuah papan peluncur yang terpasang pada kaki dan ditarik speed boat berkecepatan tinggi.

Sumber : https://simple.wikipedia.org/wiki/Wakeboarding

Tiket Promo Termurah Wahana Watersport di Tanjung Benoa Bali

Masing-masing biaya tiket di atas juga dapat dibeli dengan harga promo. Untuk mendapatkan tarif ini, Anda bisa mengaksesnya secara online atau dengan menggunakan voucher khusus yang nanti harus ditunjukkan sebelum menggunakan wahana ke petugas yang berjaga. Ayo kapan lagi bisa ke tempat hang out di bali?

 

Harga Lebih Murah dengan Paket Pilihan

Mau mencoba pengalaman dalam satu hari dengan beberapa wahana berbeda dan biaya lebih murah? Tersedia paket Tanjung Benoa watersport yang khusus diberikan bagi Anda bahkan dengan tambahan fasilitas antar jemput dari lokasi penginapan Anda.

 

Fasilitas Keamanan dan Asuransi

Semua jenis aktivitas watersport di Tanjung Benoa ini telah terjamin prosedur keamanan dan keselamatan. Setiap peserta akan dijaga oleh para instruktur terlatih dan telah berpengalaman. Fasilitas yang disediakan juga sesuai standar internasional, sangat aman bagi pemula, dan terjamin lewat asuransi kecelakaan yang telah dimasukkan dalam biaya watersport Tanjung Benoa Bali.

 

Referensi :

https://www.tanjungbenoa.co.id/

http://www.bali-indonesia.com/top10/top5-attractions-tanjung-benoa.htm

 

Kesimpulan :

Apa itu Water Sport ?

Water Sport merupakan aktivitas (biasanya permainan/olahraga) yang dilakukan di lokasi perairan dan sering jadi langganan wisatawan.

Apakah Bermain Water Sport harus ahli ?

Memang tidak semua jenis water sport bisa dilakukan oleh pemula, tapi ini adalah beberapa lokasi yang direkomendasikan bagi pemula untuk melakukan aktivitas water sport di Bali antara lain Labuhan Amuk Karangasem, Pantai Serangan, Nusa Lembongan, Pantai Sanur, dan Pantai Tanjung Benoa Bali.

Kenapa Tanjung Benoa Bali ?

Objek wisata ini memiliki periairan yang tenang dan dapat diakses langsung dari Bandara Ngurah Rai dengan jarak sekitar 15 KM. Artinya, jarak tempuhnya tidak lebih setengah jam. Pantainya sendiri berdekatan dengan Nusa Dua, yakni tepat di bagian tenggara Pulau Bali.

Tags: